PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Melalui Program YESS, Kementan Tingkatkan Regenerasi Petani di Sulsel




 Terkini.id, Bone– Dengan memaksimalkan program YESS, Kementerian Pertanian berupaya melakukan regenerasi petani di Sulawesi Selatan. 

“Dalam upaya menumbuhkan minat generasi muda terhadap sektor pertanian, kita harus dapat mengubah paradigma mereka, bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang menarik dan menjanjikan apabila dikelola dengan tekun dan sungguh-sungguh, menanamkan kesadaran akan kebutuhan pangan nasional,” tutur Mentan SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengungkapkan tujuan pengembangan YESS adalah untuk kaum muda di pedesaan agar terlibat dalam sektor berbasis pertanian melalui pekerjaan dan kewirausahaan.

Dedi menambahkan melalui program YESS,  peningkatan kapasitas pemuda perdesaan untuk menjadi  kewirausahawan muda pertanian yang memiliki akses permodalan, akses pemasaran serta  mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi kaum muda di wilayah perdesaan pun dilakukan.

Tak hanya itu, program YESS juga mendukung Perluasan program pemagangan nasional di bidang pekerjaan pertanian dan agribisnis terpilih melalui Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kementerian yang dilakukan di lapangan upacara UPT SMK Negri 4 Bone di Desa Cerowali, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, 22 Juni 2021.

Terciptanya wahana pasar kerja bagi para pencari kerja dan pengusaha yang membutuhkan tenaga kerja di bidang pertanian Untuk mendukung jasa pertanian untuk ikut dan mewawancarai para pencari kerja di tempat. 

Kadis pertanian dan Hortikultura, Sunardi mengatakan, pemerintah daerah mengucapkan banyak terima kasih atau terlaksananya acara ini. Ia juga menyampaikan apresiasi karena Bone menjadi salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan yang mendapatkan program YESS. 

“Sebelumnya saya menyampaikan sedikit gambaran pertanian Kabupaten Bone sawah itu mempunyai luas lahan 19525 ribu hektare terluas di Sulawesi Selatan, jagung kita pernh mencapai 6,8 ribu hektar dan juga potensi kedelai dan Hortikultura ada cabai ada bawang merah kemudian sektor perkebunan ada kelapa ada cengkeh dan diharapkan adanya program YESS ini ada sentuhan demi meningkatkan sektor pertanian kata,” tutur Sunardi.