PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba Dukung Penuh Program Youth Entrpreneurship and Employment Support Servis




  Program YESS merupakan proyek pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda disektor pertanian yang didanai IFAD dan diharapkan menjadi model untuk pengembangan pembangunan sektor pertanian.

Diantara agenda yang tertuang dalam program YESS adalah penguatan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang berada di 4 (empat) kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan yakni Kabupaten Maros, Bantaeng, Bone dan Bulukumba. BPP tersebut diharapkan akan menjadi sentra koordinasi dan kegiatan petani milenial dalam mengembangkan usahanya.

Olehnya itu, Mentan SYL menggagas Kostratani berbasis BPP di kecamatan untuk mengatasi kendala dan tantangan peningkatan kapasitas dan kompetensi penyuluh pertanian agar peran dan fungsinya semakin optimal dalam mendukung kinerja pertanian.

“Untuk itu Kementan melalui BPPSDMP mengupayakan peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan serta didukung oleh program-program lainnya seperti program YESS ini,” ujar Dedi.
Kabupaten Bulukumba yang juga menjadi sentra lahirnya generasi muda di sektor pertanian dalam program YESS, hari ini Rabu 10 Maret 2021 bertempat di aula pertemuan kantor Bappeda menyelenggarakan pertemuan dengan tujuan berbagi informasi dan mendiskusikan keberhasilan dan tantangan dalam mengembangkan unit usaha pemuda yang sesuai potensi sektor pertanian.

Nantinya peserta akan dibekali materi dari Bupati Kabupaten Bulukumba, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pertanian dan PPIU selaku narasumber kemudian di tutup dengan diskusi antara peserta dan narasumber,” ungkap Vanda.

Sebelum membuka acara, Junaedi dihadapan Peserta menegaskan untuk terus aktif dan fokus pada seluruh kegiatan yg dilaksanakan.
Pada intinya, pemerintah daerah Bulukumba mendukung penuh program YESS,” pungkasnya.