PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Geliat Kampus II Polbangtan Gowa di Kabupaten Bone Hasilkan Cemilan Sehat Berkualitas




  “Semangat muda yang dimiliki kaum milenial harus menjadi dorongan postitif bagi pembangunan pertanian Indonesia, terutama dalam peningkatan ekspor pertanian yang akan memengaruhi perekonomian negara,” ungkap SYL.

ertempat di gedung laboratorium teknologi hasil ternak, Kampus II Polbangtan Gowa, Kabupaten Bone. Ibu Andi Triana membuat produk dari hasil olahan susu yaitu susuku’ma dan ice cream rodeo, Senin 29 April 2021.

s krim dan minuman campuran dari susu masuk kategori kudapan atau camilan manis dan dapat dijadikan sebagai salah satu camilan yang dapat meningkatkan suasana hati jadi lebih baik.

Namun susu mudah rusak atau basi sehingga perlu dimodifikasi menjadi es krim dan minuman olahan lainnya. Harga jual susu segar yang relatif murah, daya tahannya sebentar, dan pada waktu hari libur sekolah atau saat musim hujan. susu sering tidak laku bahkan terbuang begitu saja, sehingga ini menjadi penyebab terbatasnya pemasaran. Oleh karena itu, Andi Triana melakukan inovasi membuat ice cream dan susu kurma + madu serta membuat packingannya dengan kemasan yang lebih menarik agar dapat menarik perhatian para pembelinya.

Selanjutnya Triana menambahkan “berlian akan berharga setelah digosok dan diubah dari bentuk aslinya. Begitu pula harapan kami dengan adanya pengolahan susu ini menjadi produk Susuku’ Ma dan ice cream ke depannya bisa lebih laris dipasaran”.

Diharapkan dari adanya dua produk hasil olahan Polbangtan ini dapat menjadi motivasi bagi pegawai maupun mahasiswa Polbangtan Gowa untuk menciptakan produk baru dalam mengembangkan produk hasil peternakan sehingga dapat menjadi motivasi usaha yang terus menerus dan berkesinambungan (uni).