PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi, Kementan Lakukan FGD Kurikulum




 Terkini.id, Gowa– Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan pendidikan vokasi yang menjadi salah satu kekuatan pertanian di masa depan. Khususnya dalam mempersiapkan pertanian untuk lebih maju, mandiri dan modern. 

“Mengusung konsep pendidikan vokasi Kementan berupaya membangun kemandirian petani daerah dan kemandirian nasional guna memenuhi kebutuhan kita,” tutur Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia  Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi mengatakan melalui Polbangtan nantinya akan cetak banyak milenial yang akan melanjutkan pembangunan pertanian.

Untuk mendukung terbentuknya kompetensi lulusan sebagai Job Creator, Polbangtan Gowa bersama dengan Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) Evaluasi dan Integrasi Kurikulum Hotel Remcy Makassar, Senin, 28 Juni 2021.

Kepala Pusdiktan, Idha Widi Arsanti, dalam arahannya secara virtual menyampaikan dengan tagline baru yakni “Petani Muda Keren” kita harus siap mendorong dan membangun SDM Pertanian. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Polbangtan Gowa,  menyampaikan ada beberapa komponen standar yang harus kita ikuti yakni standar kelulusan, standar proses, standar isi, standar sarana prasarana, standar pendidikan dan standar evaluasi.

Tambah Syaifuddin, dalam rangka menghasilkan profil lulusan wirausaha, PWMP yang diberikan kepada mahasiswa dan alumni Polbangtan Gowa. Program YESS juga merupakan program dengan anggaran dari IFAD yang tujuannya adalah mencetak wirausahawan muda pertanian.