PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Dorong Regenerasi Petani di Kabupaten Bulukumba, Kementan Laksanakan Openday




 Terkini.id, Bulukumba– Kementerian Pertanian (Kementan) terus memaksimalkan program regenerasi petani termasuk di seluruh Indonesia tak terkecuali provinsi Sulawesi Selatan. Berbagai upaya dilakukan salah satu untuk menjaring minat generasi muda, Kementan melalui program YESS melaksanakan pameran produk pertanian “OPEN DAY PETANI MUDA MELENIAL di Dusun Bontonyeleng, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Kamis 24 Juni 2021.

Selain itu  pameran pertanian ini di hadiri dan diramaikan juga oleh Dinas Pertanian, holtikultura dan Perkebunan, kelompok wanita, P4S, Dinas Ketahan Pangan, Polbangtan Gowa, dan Petani Muda Melenial yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Ia juga menyampaikan sangat setuju dengan digelarnya pameran produk pertanian ini. Karena dengan adanya kagiatan pameran ini merupakan salah upaya kita untuk mencoba mengarahkan anak-anak dan siswa kita untuk menjadi petani yang baik.

 “Kita berharap melalui kegiatan pameran produk pertanian ini masyarakat bisa sadar dan sepakat untuk sama-sama mendorong anak-anak mereka untuk memiliki kemampuan bertani yang baik mulai di jenjang pendidikan SMK, kalau perlu mulai dari pendidikan usia dini anak-anak kita sudah dibekali ilmu-ilmu pertanian yang baik,”tegasnya.

“Dalam upaya menumbuhkan minat generasi muda terhadap sektor pertanian, kita harus dapat mengubah paradigma mereka, bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang menarik dan menjanjikan apabila dikelola dengan tekun dan sungguh-sungguh, menanamkan kesadaran akan kebutuhan pangan nasional,” tutur Mentan SYL.

Sejalan dengan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menjelaskan bahwa sektor pertanian merupakan lahan usaha yang sangat menjanjikan karena memiliki pasar yang pasti dan menjadi basis ekonomi nasional bahkan sektor pertanian tumbuh paling tinggi di masa pandemi ini. 

Sementara Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Polbangtang) Gowa Syaifuddin menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi para generasi milenial untuk menjadi petani serta  wirausaha pertanian. 

Selaku ketua panitia, Kepala UPT SMK negeri 10 Bulukumba, juga mengatakan pameran ini adalah program dari Kementan dalam mendukung regenerasi petani (program YESS). “Alhamdulillah kabupaten Bulukumba menjadi dalah satu dari  15 kabupaten seluruh Indonesia yang menjadi penerima program YESS”, tutupnya.