PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Kementan Gelar Openday Petani Milenial di Kabupaten Bone




 Terkini.id, Bone– Kiprah generasi milenial dalam sektor pertanian semakin menunjukkan peran nyata. Lahirnya petani serta wirausahawan milenial di sektor pertanian menjadi pendongkrak pembangunan pertanian. Dalam upaya menumbuhkan minat generasi muda terhadap sektor pertanian sekaligus sebagai apresiasi atas kiprah generasi milenial serta meningkatkan minat generasi milenial pada sektor pertanian, Kementan melalui program YESS melaksanakan pameran produk pertanian “OPEN DAY PETANI MUDA MELENIAL di Desa Cerowali Kecematan Barebbo Kabupaten Bone, Selasa 22 Juni 2021.

“Terbukti banyak pemuda-pemuda terdidik saat ini yang menjadi pelopor dalam usaha pertanian. Ini adalah contoh nyata bahwa pertanian tidak identik dengan kotor dan kemiskinan, apalagi ditunjang dengan mekanisasi dan inovasi pertanian yang menjadikan pertanian menjadi lebih modern dan menjanjikan” ungkap Mentan SYL.

“Sudah saatnya generasi muda untuk mengambil peranan dalam pembangunan pertanian. Terbukti banyak pemuda-pemuda terdidik saat ini yang menjadi pelopor dalam usaha pertanian” ungkap Dedi.

Sementara Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Polbangtang) Gowa Syaifuddin menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi para generasi milenial untuk menjadi petani serta  wirausaha pertanian. 

Selaku ketua panitka Kepala UPT SMK negeri 4 Bone, Andi Faizal mengatakan  pameran ini adalah program dari Kementan dalam mendukung regenerasi petani (program YESS). “Alhamdulillah kabupaten Bone menjadi dalah satu dari  15 kabupaten seluruh Indonesia yang menjadi penerima program YESS. Pameran menampilkan produk- produk pertanian  dari SMK 5 Bone  di kecamatan Mare, SMK 8 Bone  di kecematan Ajangale, SMK 9 Bone di Kecamatan Ponre serta  SMK 4 Bone selaku tuan rumah”,jelasnya.

Selain itu  pameran pertanian ini di hadiri dan diramaikan juga oleh Dinas Pertanian dan holtikultura, Dinas Ketahan Pangan, Dinas Koprasi dan UKM, Polbangtan Gowa, dan Petani Muda Melenial yang ada di Kabupaten Bone.