PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Taufik dan Nurul, Mahasiswa Polbangtan Gowa Sabet Peringkat Pertama dan Kedua pada Lomba Esai Tingkat Nasional 2020




 Taufik mengusung ide penelitian yang berjudul “SPB (Stiker Pendeteksi Berahi) pada ternak sapi sebagai alternatif solusi meningkatkan daya saing peternakan di Era new normal”. SPB ini nantinya akan memudahkan para peternak mengetahui apakah sapi yang dimiliki siap untuk dikawinkan ataupun diinseminasi. 

Adapun persiapan yang dilakukan Taufik untuk mengikuti lomba selama satu bulan untuk mempersiapkan penyusunan naskah esai, power point dan pengiriman berkas dan registrasi. Setelah itu penilaian naskah essay dilakukan selama satu minggu. Finalis yang dinyatakan lolos sebanyak 5 peserta dan kemudian masing-masing mempresentasekan essaynya dihadapan juri. Finalis diminta untuk membuat video guna mempresentasikan gagasan selama 10 menit. Selanjutnya, mereka diminta untuk mempresentasikan gagasannya selama 5 menit dan melakukan tanya jawab dengan juri. Durasi waktu yang diberikan yaitu 10 menit yang dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting pada Senin (16/11/2020) lalu.

“Lomba essay dilakukan secara online (via virtual zoom) walaupun acara dilakukan secara online namun semangat saya untuk mengikuti kegiatan ini tidak pudar. Online maupun offline sama saja. Kegiatan lomba essay ini di ikuti oleh mahasiswa/i hebat dengan antusias yang luar biasa. Pada saat persentasi saya kepikiran terus untuk menampilkan yang terbaik untuk kampus Polbangtan Gowa. Dan  semangat, doa orang tua, teman-teman,  masyarakat Polbangtan Gowa serta antusias saya menuaikan hal positif dimana bisa mendapatkan juara 1 lomba essay nasional” ungkap Taufik.

“Dan buat teman-teman jangan jadikan covid-19 untuk bermalas-malasan dalam berkarya. Perubahan tidak akan datang jika anda menunggu orang lain atau waktu lain, diri anda sendirilah yang membuat perubahan yang selama ini di cari (Barrack obama), mulai dari hal kecil menuju perubahan yang lebih besar” tutup Taufik.