PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Kampus II Polbangtan Gowa Pasarkan Susu Kurma dan Ice Cream, Minat Masyarakat Sekitar Besar




 “Semangat muda yang dimiliki kaum milenial harus menjadi dorongan postitif bagi pembangunan pertanian Indonesia, terutama dalam peningkatan ekspor pertanian yang akan memengaruhi perekonomian negara,” ungkap SYL.

Bertempat di gedung laboratorium teknologi hasil ternak, Kampus II Polbangtan Gowa, Kabupaten Bone. Ibu Andi Triana bersama dengan PLP mata kuliah pengolahan hasil ternak yakni Irma dan Andi Aso serta dibantu pegawai yakni Winda Nur Rahmi membuat produk dari hasil olahan susu yaitu susuku’ma dan ice cream rodeo. Pertama kali dibuat pada tanggal 16 Nov 2020 dan dipasarkan pada tanggal 17 Nov 2020.

Susu memiliki kandungan gizi yang lengkap. Es krim merupakan produk olahan susu yang dibuat dengan cara membekukan dan mencampur bahan baku secara bersama-sama . Bahan yang digunakan adalah kombinasi susu dengan bahan tambahan seperti gula dan madu atau tanpa bahan perasa dan warna , dan stabilizer, bahan campuran es krim disebut ice cream mix (ICM), dengan pencampuran bahan yang tepat dan pengolahan yang benar maka dapat dihasilkan es krim dengan kualitas baik (Susilorini dan Sawitri, 2007).

Pada dasarnya susu sudah lama dikenal dan baik untuk kesehatan terutama untuk tulang. Akan tetapi mencampurnya dengan kurma dan madu, nutrisi yang didapatkan akan semakin baik lagi. Karena buah kurma dan madu banyak mengandung manfaat bagi tubuh. Dengan perpaduan tersebut diharapakan terciptanya produk olahan susu yaitu sebuah minuman paket komplit yang mengandung antioksidan, magnesium, dan kalium. Berikut manfaat yang dapat diperoleh setelah mengkonsumsi produk kami yaitu jantung menjadi lebih sehat, booster ASI, mengobati sembelit, tulang kuat, mengobati anemia, meningkatkan fungsi seksual, menjaga kesehatan sistem syaraf, kulit sehat, dan dapat menjaga kesehatan otak” ungkap triana.

Baca Juga: Selanjutnya triana menambahkan, dinamakan ice cream rodeo dari sebuah olahraga kompetitif yang muncul dari praktik kerja menggiring ternak dibeberapa negara. Kata kompetitif tersebut diharapkan pada produk ice cream Lab. teknologi hasil ternak kedepannya mampu berkembang dan memiliki daya saing serta dapat diperhitungkan di pangsa pasar, dan Alhamdulillah, setelah kita pasarkan minat masyarakat sekitar besar.