PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Polbangtan Gowa Gelar Training Capacity Building for Technical Vocational Education and Training Institution (TVET) Program YESS




 Program YESS, yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian Indonesia, bertujuan untuk menciptakan peluang bagi pemuda pedesaan untuk membangun mata pencaharian ekonomi mereka melalui kewirausahaan atau mendapatkan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan kontribusi mereka terhadap transformasi pedesaan yang berkelanjutan dan inklusif. Hal ini diharapkan dapat membantu memberikan insentif bagi generasi baru petani, agripreneur, dan pemain rantai pasok pedesaan, yang akan mendorong modernisasi pertanian dan memastikan bahwa, melalui peningkatan mata pencaharian pedesaan, migrasi merupakan pilihan mata pencaharian daripada kebutuhan. 

Salah satu kegiatan Program YESS adalah peningkatan kapasitas bagi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Teknik dan Kejuruan (TVET) untuk berpartisipasi dalam adopsi metodologi pembelajaran yang berbasis kompetensi dan berpusat pada pelatihan melalui pendidik, instruktur, pelatih dan guru. Lembaga TVET yang ditunjuk diharapkan dapat lebih menghubungkan program pendidikan dan pelatihan dengan tuntutan pasar kerja (bisnis dan industri), dengan menghasilkan lulusan yang siap kerja, baik sebagai pencari kerja maupun pencipta lapangan kerja. 

Tujuan peningkatan kapasitas lembaga TVET adalah Mengembangkan dan menyampaikan modul pelatihan ke lembaga terpilih dengan  tujuan untuk meningkatkan transfer keterampilan kepada siswa dan peserta pelatihan serta meningkatkan kemampuan kerja mereka. 

Zaman sekarang yang ditandai dengan zaman ln PT 4.0 tidaklah muda untuk menghasilkan petani milenial sehingga dibutuhkan kegiatan capasitas buiding untuk mengembangkan Sdm, penyelenggaraan dan tentunya pelayanan yang lebih baik,” tutur Syaifuddin.

Peserta juga setiap harinya akan diberian ujian melalui pre test dan post tes untuk mengetahui sejauh mana materi yang akan dan telah disajikan Oleh instruktur. (MUZ).