PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Penggemukan Sapi Menjadi Usaha Pilihan Mahasiswa Polbangtan untuk Mengembangkan Potensi Diri




 Muhammad Iksan Khamal Hidayat selaku mahasiswa yang melakukan pendampingan dan ditemani tiga orang rekannya yaitu Elsa, Zalza, dan Failah. Kegiatan ini terjadi karena sesuai dengan arahan kementerian pertanian untuk mahasiswa POLBANGTAN agar dapat mengembangkan potensi mahasiswa dari sekarang untuk menciptakan lapangan kerja yang banyak dibidang pertanian maupun peternakan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, generasi milenial adalah penentu kemajuan pembangunan pertanian di masa depan. Ia pun meyakini tongkat estafet pembangunan pertanian ada pada pundak generasi muda.  Menteri SYL menambahkan, PWMP yang dihadirkan Kementan diharapkan bisa mencetak generasi milenial menjadi seorang petani atau mendirikan start up di bidang pertanian. Menurutnya, hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil. Sebab, kaum milenial mulai sadar bahwa pertanian adalah tambang emas tanpa batas jangka panjang. “Ke depan, generasi muda pertanian bukanlah pekerja bidang pertanian, tetapi menjadi pelaku usaha pertanian. Regenerasi petani menjadi hal yang penting dan utama sekarang ini,” papar Mentan,

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Dedi Nursyamsi juga memberikan apresiasi untuk hal tersebut. Menurut Dedi Nursyamsi, dibutuhkan sekelompok anak muda yang memiliki loyalitas dan integritas tinggi untuk memajukan pertanian Indonesia. “Sudah saatnya pertanian dikelola oleh generasi milenial yang menggunakan kreativitas dan inovasinya sehingga pertanian kedepan menjadi pertanian modern yang tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya tetapi juga berorientasi ekspor. Saat ini kita telah memiliki banyak petani milenial sekaligus enterpreneur di bidang pertanian,” papar Dedi.