PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

YESS PPIU Sulawesi Selatan Gelar DMF di Bone, Bupati Promosikan Komoditi Unggulan di Kabupaten Bone




  Program YESS dilaksanakan sebagai proyek percontohan pengembangan gererasi muda dan regenerasi petani di perdesaan melalui penyediaan fasilitas dan bimbingan kepada generasi muda (laki-laki dan perempuan) di perdesaan untuk menjadi wirausahawan atau tenaga kerja yang profesional di sektor pertanian. Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan YESS akan melibatkan berbagai institusi pemerintah, pelaku usaha, dan lembaga sosial masyarakat terkait, mulai dari tingkat pusat, provinsi dan kabupaten, bahkan sampai kecamatan dan desa.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan  dibuka langsung oleh Bupati Bone Dr. H. Andi Fashar M. Padjalangi, M.Si. Dalam pembukaannya beliau memaparkan beberapa potensi di Kabupaten Bone.

Dalam kegiatan ini dilakukan berbagi informasi dan mendiskusikan keberhasilan dan tantangan untuk mengembangkan unit usaha pemuda yang sesuai potensi sektor pertanian di daerah kabupaten Bone. Dalam kegiatan ini pula disampaikan review program pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan pemuda di sektor pertanian antara lain, review calon peserta dan calon lokasi program YESS, pendamping financial advisor bagi mentoring kelompok pemuda,  peningkatan kapasitas proposal bisnis, dan competitive grant for youth entrepreneurs oleh bapak Joko Harianto. 

Melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS), Kementerian Pertanian mencoba mengajak generasi milenial untuk terjun ke sektor pertanian. Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, program YESS akan membantu proses regenerasi tersebut. YESS juga bisa meyakinkan generasi milenial untuk menggarap sekor ini.

Hal tersebut didukung oleh Kepala BPPSDM Dedi Nursyamsi yang menyatakan petani milenial sangat potensial untuk melanjutkan pembangunan pertanian. Mereka cerdas, adaptif teknologi dan siap memasuki era pertanian 4.0.