PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

YESS PPIU Sulawesi Selatan Gelar DMF di Bantaeng, Pemkab Komitmen Mengawal Program YESS




  Kegiatan District Multi-Stakeholder Forum (DMF) Kabupaten Bantaeng dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kantor Bupati Bantaeng pada hari Jumat, 19 Maret 20201.

Dalam sambutan pembuka, Dr. Ir. Syaifuddin, MP selaku Direktur Polbangtan Gowa menegaskan pentingya regenerasi petani saat ini.

Bupati Bantaeng dalam hal ini disampaikan oleh Sekertaris Kabupaten Abd. Wahab, SE., M.Si menyampaikan dukungannya terhadap Program Yess ini.

Program Yess ini mendapat perhatian penuh dari pemerintah Kabupaten Bantaeng, dimana program ini berkaitan erat dengan program utama pemerintah Kabupaten Bantaeng yaitu menciptakan wirausaha berbasis dusun atau RW.

Hingga Maret 2021, District Implementation Team (DIT) Kabupaten Bantaeng telah berhasil melakukan identifikasi CPCL sebanyak 733 orang, dimana persentase berdasarkan gender adalah 60% pria dan 40% wanita.

Melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS), Kementerian Pertanian mencoba mengajak generasi milenial untuk terjun ke sektor pertanian.

“Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi millennial bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemik ini,” kata Menteri Pertanian.

“Mereka cerdas, adaptif teknologi dan siap memasuki era pertanian 4.0,” ujarnya.